“Mereka sudah bisa berbaur dengan produk-produk luar negeri. Seperti sepatu buatan lokal itu tidak kalah dengan sepatu luar negeri yang ada disini,” ujar Sandiaga.
Ia menambahkan saat ini UMKM yang sudah terdigitalisasi di platform e-commerce pada 2023 sekitar 20 juta, dari yang ditargetkan sebesar 30 juta sampai awal 2024.
“Ekonomi kreatif ini dengan sedikit sentuhan, pemasaran dan permodalan mereka sanggup menembus pasar nasional dan internasional,” kata Sandiaga, dikutip antaranews.com.
Menurutnya sejumlah produk UMKM dalam Pameran AKI 2023 telah siap untuk di pasarkan di mancanegara.
“Jadi kegiatan ekspor akan kita tingkatkan melalui produk Ekonomi Kreatif ini, agar pencapaian lapangan kerja 4,4 juta bisa tercapai,” kata Sandiaga.
Dalam Pameran AKI 2023 Kota Batam ada 20 stan pameran pelaku ekonomi kreatif hasil kurasi dari Provinsi Kepulauan Riau serta wilayah Sumatera dan sekitarnya juga 4 karya musik dan 3 karya film yang akan ditampilkan.
Program ini diharapkan untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhan ekonomi dengan tema yang diangkat Produk Indonesia Ekonomi Kuat. (*)