Juru Bicara Kantor Komunikasi Kepresidenan (PCO) Adita Irawati.
Jakarta, suarabali.co.id – Masyarakat diminta untuk berani melapor kepada Badan Gizi Nasional (BGN) jika menemukan penipuan yang berkedok Makan Bergizi Gratis (MBG).
Hal ini disampaikannya Juru Bicara Kantor Komunikasi Kepresidenan (PCO) Adita Irawati, Senin, (13/01/25) menanggapi banyaknya pemberitaan dari berbagai daerah khususnya pelaku usaha katering yang menjadi korban setelah ditipu pihak tidak bertanggung jawab dengan iming-iming berpotensi menjadi pemasok untuk MBG.
“Kami juga dapat laporan dari lapangan, ada oknum, ada yang menyelenggarakan MBG fiktif, dan sebagainya. Mohon kalau masyarakat melihat kondisi ini atau mengetahui ada hal tersebut, dilaporkan saja. Sekarang BGN sudah punya platform pelaporan, bgn.lapor.go.id,” kata Adita, dikutip dari antaranews.com.
Menurutnya, saat ini platform milik BGN tersebut tidak hanya terbuka untuk menerima aduan terkait penipuan yang mencatut program MBG, tapi juga menerima masukkan dari masyarakat apapun itu yang berhubungan dengan MBG.
Harapannya dengan tersedianya platform pelaporan tersebut, maka masalah yang ada bisa segera ditindaklanjuti dan masyarakat Indonesia bisa melihat pelaksanaan program MBG yang lancar dan optimal tidak hanya bagi penerima manfaat tapi juga pihak-pihak lain yang terkait.
Lebih lanjut, Adita juga berpesan apabila penipuan yang mengatasnamakan program MBG dirasakan telah melanggar hukum maka masyarakat bisa ikut melaporkannya ke penegak hukum.
“Kalau sudah ada indikasi juga ke arah pelanggaran hukum, itu bisa dilaporkan ke aparat hukum yang terkait,” kata Adita.
Adita juga menyebutkan, pemerintah telah menerima beberapa aduan terkait penipuan yang mencatut program MBG dan hal itu segera ditindaklanjuti. (*/ant)