• Home
  • Indeks Berita
  • Ketentuan
  • Ketua PWI Pusat Ingatkan Media Massa Pentingnya Jaga Kebhinekaan   Jelang Pilkada 2024
  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Terms of Service
Selasa, 14 Oktober 2025
  • Login
Suara Bali
Advertisement
  • Home
  • Bali
  • Nasional
  • Nusantara
  • Luar Negeri
  • Suara Bali TV
  • Tokoh
  • Komunitas
  • Wake Up
No Result
View All Result
  • Home
  • Bali
  • Nasional
  • Nusantara
  • Luar Negeri
  • Suara Bali TV
  • Tokoh
  • Komunitas
  • Wake Up
No Result
View All Result
Suara Bali
No Result
View All Result
Home Nasional

Mal Pelayanan Publik Karangasem Sudah Layak Dioperasikan

by
Mei 22, 2018
in Nasional
0
Mal Pelayanan Publik Karangasem Sudah Layak Dioperasikan

Tim evaluasi dari Kemenpan-RB dan LAN mengunjungi Mal Pelayanan Publik Pemkab Karangasem di Gedung UKM Center, Jalan Gajah Mada, Amlapura, Selasa (22/5/2018). (Foto: Stw)

0
SHARES
Bagi ke FacebookBagi ke TwitterBagi ke WhatsApp

Karangasem, suarabali.com – Tim evaluasi dari Kementerian Pemperdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Karangasem di Gedung UKM Center, Jalan Gajah Mada, Amlapura, Selasa (22/5/2018). Kedatangan tim ini untuk melihat kesiapan sistem, sarana-prasarana, dan aktivitas pelayanan di MPP tersebut.

Tim tersebut dipimpin oleh Asisten Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Jeffry Erlan Muller. Saat berada di MPP, tim lebih dulu mendengarkan pemaparan singkat dari pihak teknis MPP yang dikoordinasikan Bagian Organisasi Setda Karangasem selaku leading sector pembinaan pelayanan publik Pemkab Karangasem. Setelah mendapat pemaparan, tim kemudian berkeliling melihat setiap unit pelayanan yang ada.

Related posts

Presiden Prabowo Instruksikan Menteri Terkait Jaga Stabilitas Harga Bahan Pangan Jelang Ramadhan

Presiden Prabowo Instruksikan Menteri Terkait Jaga Stabilitas Harga Bahan Pangan Jelang Ramadhan

Februari 28, 2025
Hukuman Mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan Diperberat Jadi 13 Tahun dalam Kasus Korupsi Gas LPG

Hukuman Mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan Diperberat Jadi 13 Tahun dalam Kasus Korupsi Gas LPG

Februari 28, 2025

Selain memantau aktivitas pelayanan, tim juga berbincang dengan beberapa pengunjung yang tengah menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan.

Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Karangasem, Widiantara, mengatakan setiap hari dari mulai tahap ujicoba, MPP rata-rata melayani 281 pengunjung di luar pelayanan PDAM.

Dia mengatakan pihaknya terus melakukan pembenahan demi perbaikan di bidang infrastruktur dan teknis kerjanya.  ‘’Sampai Senin (21/5/2018) kemarin, MPP sudah memberikan 30.679 layanan. Sementara untuk jenis layanannya ada 159 jenis layanan,’’ ujarnya.

Usai berkeliling melihat aktivitas pelayanan di MPP, Jeffry Erlan Muller mengatakan secara umum MPP sudah layak dioperasikan, bahkan layak untuk di-launching. Sementara dari segi penataan, setiap unit  layanannya juga sudah bagus. “Hanya saja, untuk mengoptimalisasi masih diperlukan beberapa penyempurnaan,” katanya.

Menurut Jeffry, poin-poin yang masih perlu disempurnakan terkait dengan informasi jenis pelayanan seperti alur proses, sistem antrian, dan informasi biaya jika ada jenis layanan yang dikenakan biaya. Selain itu, pintu keluar dan pintu masuk juga harus berbeda.

Pintu masuk hanya untuk masyrakat yang ingin melakukan pengurusan surat dan lainnya. Sementara pintu keluar khusus bagi masyarakat yang sudah selesai mendapatkan pelayanan. “Jadi, tidak ada masyarakat yang baru masuk ketemu warga yang sudah selesai mendapat pelayanan di pintu masuk,” tandasnya.

Secara umum, Jeffry Erlan Muller mengapresiasi upaya Pemkab Karangasem membangun MPP tersebut. Menurut dia, MPP sejalan dengan program pemerintah pusat untuk memberikan pelayanan yang cepat, mudah, dan murah kepada masyarakat.

MPP akan memungkinkan setiap warga menghemat waktu dan biaya untuk mengurus administrasi kependudukan. Selain itu, sistem pelayanan terpadu juga akan memudahkan investasi, menciptakan lapangan kerja yang bermuara pada peningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

‘’Ide dasar MPP adalah mendekatkan pelayanan yang selama ini tersebar di SKPD, BUMN, dan swasta. Dengan berbasis NIK, kedepan semua jenis layanan agar terkoneksi secara online dan terintegrasi. Surabaya sudah menerapkan aplikasi real time, Karangasem bisa belajar ke sana,’’ ujarnya.

Kabid Tata Laksana Bagian Organisasi Setda Karangasem Gusti Ngurah Swisnawa mengatakan MPP merupakan tindak lanjut program peningkatan pelayanan publik. Pada 2015, kata dia, Karangasem masuk kategori grade III terbaik nasional penilan Ombusman RI.

Kedepan, menurut Wisnawa, semua layanan MPP akan diarahkan terkoneksi secara online. “Namun, saat ini baru tiga SKPD yang terhubung secara online, Dinas Catatan Sipil, Dinas PM-PTSP, dan RSUD Karangasem,” ungkapnya. (Stw/Sir)

 

Previous Post

Mengaku Hakim, Wanita Ini Marah saat Terjaring Operasi Yustisi di Karangasem

Next Post

Revisi UU Antiterorisme, Kapolri Ajukan Defenisi Organisasi

Next Post
Waspadai Aksi Teror, Kapolri Tak Ingin Kecolongan

Revisi UU Antiterorisme, Kapolri Ajukan Defenisi Organisasi

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Lomba Ogoh-Ogoh Kabupaten Badung 2025: “Bhandana Bhuhkala Festival” Resmi Berakhir

Lomba Ogoh-Ogoh Kabupaten Badung 2025: “Bhandana Bhuhkala Festival” Resmi Berakhir

7 bulan ago
ASDP Gilimanuk Siapkan 54 Kapal Penumpang Hadapi Arus Mudik Lebaran 

ASDP Gilimanuk Siapkan 54 Kapal Penumpang Hadapi Arus Mudik Lebaran 

7 bulan ago
Penyeludupan Enam Ekor Penyu Hijau Berhasil Digagalkan

Penyeludupan Enam Ekor Penyu Hijau Berhasil Digagalkan

7 bulan ago
IC Consultant Bali Gelar Edukasi Pajak untuk Pengusaha

IC Consultant Bali Gelar Edukasi Pajak untuk Pengusaha

7 bulan ago
Suara Bali

© 2023 PT Suara Bali Media - All Right Reserved

  • Redaksi
  • Ketentuan
  • Kode Etik

No Result
View All Result
  • Home
  • Bali
  • Nasional
  • Nusantara
  • Luar Negeri
  • Suara Bali TV
  • Tokoh
  • Komunitas
  • Wake Up

© 2023 PT Suara Bali Media - All Right Reserved

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In