Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.
Denpasar, suarabali.co.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan transformasi pendidikan di Indonesia dalam kerangka Merdeka Belajar selama lima tahun terakhir telah menjadi kunci meningkatnya kualitas pendidikan Indonesia, hingga mendapat sorotan dunia.
Hal itu disampaikan mendikbudristek Dalam acara Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024,
Nadiem menjelaskan , bagaimana penggunaan teknologi berhasil menyederhanakan proses administrasi, memungkinkan fokus pada kebutuhan murid, dan membuka peluang pembelajaran yang lebih luas.
“Dalam lima tahun terakhir, Indonesia telah melakukan transformasi besar dalam sistem pendidikan. Kami menggunakan teknologi sebagai penyeimbang sistem pendidikan, guna mendorong potensi para penggerak pendidikan seperti guru, kepala sekolah, dan kepala dinas (pendidikan) sehingga dapat berkolaborasi dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada murid,” ucap Nadiem di hadapan delegasi dari 20 negara dan 9 organisasi internasional di Bali, Rabu (2/10), dikutio dari nusabali.com
Transformasi pendidikan yang dilakukan Kemendikbudristek melibatkan pengembangan teknologi yang memindahkan beban administrasi dari guru dan kepala sekolah, sehingga mereka dapat lebih fokus menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi murid. Inisiatif ini sejalan dengan Gateways yang dicetuskan oleh UNESCO dan UNICEF sebagai platform untuk berbagi pengetahuan dan inspirasi antarnegara.
Mendikbudristek juga mengungkapkan di Indonesia, salah satu langkah awal transformasi yang dilakukan adalah membangun tim teknologi Kemendikbudristek yang bertugas khusus untuk mengembangkan berbagai produk teknologi guna memformulasikan kebijakan untuk mengakomodasi kebutuhan guru, kepala sekolah, murid, hingga mahasiswa.
Dalam diskusi yang membahas pentingnya kolaborasi global dalam menghadapi tantangan pendidikan ini Gateways Lead UNICEF Frank Van Cappelle, menyoroti betapa pentingnya membuat keputusan yang tepat dalam merencanakan perubahan fundamental dalam kebijakan digital pendidikan.
“Dalam merencanakan sebuah perubahan fundamental pada lanskap kebijakan digital, tentunya banyak keputusan berat yang perlu diambil. Pergeseran paradigma dan mengubah pola pikir penting dilakukan, mengingat kompleksnya persoalan pendidikan, terutama di negara seluas Indonesia. Teknologi yang dipilih harus menempatkan pengguna sebagai sentral dalam inovasi, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Kemendikbudristek Indonesia. Kita harus apresiasi pembangunan berbasis bukti yang telah dilakukan,” ujar Van Cappelle.
Nadiem Makarim menyampaikan pesan optimistis kepada para pemangku kepentingan pendidikan global. “Keberlanjutan pendidikan terletak pada kemampuan kita menciptakan produk yang mudah digunakan dan bermanfaat bagi banyak orang. Teknologi yang kami kembangkan di Kemendikbudristek telah membantu ratusan ribu guru menjadi penggerak transformasi digital dalam ekosistem pendidikan Indonesia,” kata Nadiem Makarim.
Transformasi ini menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga berperan aktif dalam memimpin perubahan global melalui intervensi teknologi. (*)