DENPASAR,SUARABALI.COM – Untuk meningkatkan pelayanan khususnya dalam pengelolaan parkir kendaraan bermotor, PT. Angkasa Pura I (Persero) memasang sistem prabayar elektronik atau transaksi nontunai di Bandara I Gusti Ngurah Rai.
Untuk tahap awal, pihak pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai baru memberlakukan transaksi nontunai di gerbang keluar atau tollgate mobil. Total yang sudah terpasang ada 11 unit, yakni tujuh di tollgate internasional, tiga tollgate domestik dan satu di tollgate kargo. Aplikasi ini sudah mulai diujicobakan sejak 15 September 2017 lalu.
Co. General Manager Commercial Bandara I Gusti Ngurah Rai, Rahadian D. Yogisworo mengatakan, saat ini pada jam puncak pihaknya bisa melayani hingga 1.600 kendaraan yang hendak keluar bandara.
“Dengan akses keluar yang cukup pendek, yaitu kurang dari 1 kilometer, kondisi ini menyebabkan kepadatan di dalam bandara. Untuk itu kami coba mengaplikasikan sistem pembayaran nontunai ini. Harapannya dapat mempersingkat waktu transaksi pembayaran di gate-gate keluar,” ujar Yogi— sapaan akrab Rahadian D. Yogisworo, Senin (18/09/2017).
Yogi menambahkan, penggunaan transaksi nontunai memang salah satu upaya manajemen untuk mempermudah dan mempercepat proses transaksi pembayaran parkir kendaraan.
“Dengan pengembangan sistem ini diharapkan dapat mengurai kepadatan di tollgate keluar, khususnya pada saat-saat jam sibuk yaitu antara jam 12 siang sampai jam 9 malam,” imbuhnya.
Untuk mewujudkan program ini, PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai menggandeng PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Penandatanganan kesepakatan bersama pemasangan sistem pembayaran elektronik dilakukan di Kantor Strategic Business UNIT (SBU) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Senin, (19/08/2017).
Sistem yang dikembangkan selain untuk menunjang aspek operasional pengelolaan parkir, juga sebagai bentuk dukungan program pemerintah yaitu penggunaan cashless.
Kendati sudah menerapkan transaksi nontunai, pihak bandara masih tetap melayani transaksi tunai seperti biasa dan gerbang (gate) yang digunakan pun masih bercampur menjadi satu.
“Kami berikan pilihan layanan kepada para pengguna jasa. Metode pembayaran tunai masih tetap bisa dilakukan, tetapi bagi yang sudah memiliki alat pembayaran e-money kami imbau untuk menggunakan fasilitas baru kami. Lebih cepat dan praktis,” ucap Yogi.
Ke depan, aplikasi ini akan terus dikembangkan. Tidak hanya diterapkan di tollgate mobil tetapi akan diaplikasikan juga untuk kendaraan roda dua dan dengan produk yang lebih beragam. Inovasi – inovasi lainnya pun akan terus dibuat untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa Bandara I Gusti Ngurah Rai.(mkf)